100+ Soal Usbn/Usp Sosiologi Kelas 12 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannyapart2

Posting Komentar

100+ Soal USBN/USP Sosiologi Kelas 12 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya cuilan kedua atau terakhir ini, merupakan lanjutan soal USBN sosiologi 2020 dan kunci jawaban (soal nomor 1-20) yang berupa opsi ganda. Berbeda dengan sebelumnya, untuk cuilan yang terakhir ini butir soalnya berupa PG dan juga essay/uraian.

Dimulai dari pertanyaan nomor 21, berikut dibawah ini soal usbn sosiologi dilengkapi kunci jawaban.

21.Pemilihan judul dalam mekanisme observasi dijalankan dalam tahap ....
A.perencanaan
B.pelaksanaan
C.penulisan
D.pelaporan
E.evaluasi
Jawaban: A

22.Perhatikan teladan judul berikut “Gambaran biasa opsi branded dikalangan pelajar putri kelas IX di Sekolah Menengah Pertama XXXX”
Berdasarkan judul observasi diatas, rumusan duduk permasalahan observasi yang paling sempurna merupakan ….
A.apa saja yang dikenali pelajar puteri kelas IX wacana branded?
B.mengapa pelajar puteri kelas IX condong menjadi pelanggan branded?
C.bagaimana cara pelajar puteri kelas IX dalam memutuskan Branded?
D.adakah imbas antara prestasi menimba ilmu dengan branded yang diseleksi pelajar puteri kelas IX?
E.adakah imbas antara factor usia dengan branded yang diseleksi pelajar puteri kelas IX?
Jawaban: A

23.Pemerintah meminta usulan para jago ilmu politik wacana metode pemilu yang baik. Setiap dosen ilmu politik dikirimi angket untuk diisi sehingga mendapatkan data yang bermutu dan relvan dengan topik penelitian. Cara pengambilan sumber data atau subjek observasi tersebut merupakan ….
A.area sampling
B.cluster sampling
C.stratified sampling
D.purposive sampling
E.incidental sampling
Jawaban: D

24.Perhatikan beberapa pernyataan berikut!
1.Sebagian besar penduduk mendukuing lurah yang baru
2.Hampir 100% pekerja pabrik menuntut peningkatan gaji
3.Rata-rata nilai sosiologi murid kelas XII IPS merupakan 8,53
4.UMR provinsi A tahun 2016, sebesar RP 1.600.000 berlainan dengan UMR di Provinsi B Tahun 2016 sebesar RP. 3.200.000
Berdasarkan pernyatan di atas, data yang di gunakan dalam observasi kuantitatif ditunjukkan oleh nomor ....
A.(1) dan (2)
B.(1) dan (3)
C.(1) dan (4)
D.(2) dan (3)
E.(3) dan (4)
Jawaban: E

25.Seorang peneliti menulis hasil wawancara dalam bentuk catatan lapangan. Peneliti kemudian membaca dan memutuskan hasil wawancara yang berkaitan untuk menjawab rumusan duduk permasalahan yang diteliti. Proses penyeleksian data yang dijalankan peneliti tersebut tergolong dalam tahap ....
A.reduksi data
B.tabulasi data
C.penyajian data
D.pengkodean data
E.penarik kesimpulan
Jawaban: A

26.Data pemasukan rata-rata warga desa malintang selaku berikut!
 Beserta Jawabannya cuilan kedua atau terakhir ini 100+ Soal USBN/USP Sosiologi Kelas 12 Kurikulum 2013 Beserta JawabannyaPart2
Penggambaran hasil data yang sempurna merupakan ….
A.terjadi penurunan pemasukan setiap tahunnya.
B.penurunan penmdapatan terjadi pada tahun 2014
C.terjadi peningkatan pemasukan setiap tahun
D.peningkatan pemasukan terbanyak terjadi pada tahun 2013
E.peningkatan pemasukan menghipnotis tingkat konsumsi masyarakat
Jawaban: B

27.Teori memiliki tugas penting selaku alat analisis yang digunakan untuk mengkaji suatu fenomena. Ketepatan penggunaan teori sanggup memengaruhi ketajaman hasil analisis temuan data. Dalam penulisan laporan, cuilan tersebut dihidangkan pada ….
A.metode penelitian
B.hasil penelitian
C.daftar pustaka
D.kajian pustaka
E.pendahuluan
Jawaban: E

28.Perhatikan pernyataan berikut ini!
1.Integrasi terjadi lantaran paksaan
2.Sikap nasionalisme yang tinggi
3.Terjadi segmentasi ke dalam bentuk kelompok komplementer
4.Mengutamakan musyarawah dan kesamaan
5.Kurang mengembangan konsesus
Pernyataan tersebut yang merupakan ciri penduduk multikultural adalah....
A.1, 2, dan 3
B.1, 3, dan 5
C.2, 3, dan 4
D.2, 4, dan 5
E.3, 4, dan 5
Jawaban: B

29.Suatu penduduk senantiasa mengalami perubahan, baik cepat maupun lambat. Salah satu penyebab timbulnya pergeseran sosial yang berasal dari luar penduduk adalah....
A.perubahan nilai dan norma dalam masyarakat
B.kontak budaya dengan penduduk lain
C.discovery
D.konflik yang terjadi antarsuku
E.masyarakat mangalami pergeseran sikap dalam memutuskan barang-barang yang dikonsumsi
Jawaban: B

30.Restoran cepat saji sudah tersebar ke banyak sekali penjuru dunia, tergolong indonesia. Bahkan di indonesia meningkat fikiran bahwa makan di kedai makanan cepat saji sanggup meningkatkan perestise. Masyarakat lebih gembira memakan burger,pizza dan steak dibanding makanan lokal. Kondisi ini menampilkan efek tanda-tanda sosial akhir imbas globalisasi yakni ....
A.gaya hidup penduduk bersifat kebarat-baratan
B.budaya pop menjadi budaya terkenal di indonesia
C.budaya setempat kian kuat dan lestari
D.masyarakat lebih memprioritaskan kepentingan duniawi
E.berkembangnya sikap anti sosial
Jawaban: A

31.Dalam penduduk kita sering terjadi pertentangan sosial tradisional yang dipicu oleh hal-hal yang bersifat primordialis. Contohnya tawuran antara kelompok penunjang kesebelasan dari tempat yang berlainan lantaran emosi kedaerahan. Perilaku emosional tersebut dilatarbelakangi oleh….
A.terorisme
B.fanatisme
C.sparatisme
D.liberalisme
E.individualisme
Jawaban: B

32.Pada sebagian besar penduduk yang tinggal diperkotaan, ada kecenderungan untuk senantiasa menerapkan budaya barat dalam pola perilakunya. Ini yang merupakan sikap westernisasi, efek negatif yang timbul merupakan penduduk Indonesia ….
A.lebih terbuka
B.kehilangan jati diri
C.mampu menyaingi bangsa barat
D.lebih heterogen
E.berhasil dalam proses modernisasi
Jawaban: B

33.Salah satu sikap yang sanggup merealisasikan integrasi social yang ada di penduduk di tunjukkan pada….
A.Made makan di depan amin yang sedang berpuasa
B.Mita menimba ilmu kelompok dengan ani yang mendapatkan ranking Satu
C.Tono menampilkan peluang terhadap Thomas untuk melaksanakan ibadah gereja
D.Mita bergaul dengan orang-orang yang memiliki kelas social yang sama
E.Mita cuma menyimak instruksi dari guru yang memiliki agama yang sama
Jawaban: B

34.Potensi pertentangan dalam penduduk multikultural sanggup dihilangkan kalau perbedaan yang ada dilandasi dengan ....
A.mengutamakan kelompok lain dari pada kelompok sendiri
B.mengutamakan kelompok sendiri ketimbang kelompok lain
C.keinginan untuk menjauhi kelompok yang bersebrangan ideologinya
D.sikap hirau terhadap eksistensi kelompok lain
E.toleransi dan hormat-menghormati antarwarga yang memiliki perbedaan
Jawaban: E

35.Warga penduduk perkotaan condong lebih terbuka. Mereka terbiasa berinteraksi dan berkaitan dengan orang yang berlainan suku,ras, dan agama. Dampak positif dari proses mutual akulturasi tersebut merupakan ....
A.mempercepat proses modernisasi
B.menghilangkan perbedaan sosial
C.mengurangi sentimen kelompok primordial
D.memudarkan identitas kelompok primordial
E.mendorong homogenitas masarakat luas
Jawaban: C

36.Selain penganut hindu, di Provinsi Bali juga terdapat penduduk penganut agama Islam,Konghucu,Kristen,Budha. Meskipun demikian, kehidupan religius kehinduan sungguh terlihat begitu menonjol dalam acara sehari-hari, utamanya banyak sekali bentuk simbol ritual. Situasi tersebut membentuk konfigurasi sosial berupa ….
A.kompetisi seimbang
B.dictator mayoritas
C.tirani minoritas
D.mayoritas dominan
E.Minoritas dominan
Jawaban: D

37.Pada tanda-tanda globalisasi dibidang ekonomi penduduk indonesia mempunyai kecenderungan konsumtif terhadap barang yang berasal dari mancanegara dengan argumentasi mutu dibandingkan berbelanja barang buatan negera sendiri.dilihat dari tanda-tanda tersebut maka penyelesaian yang sempurna dalam menangani bahaya jatidiri bangsa ditengah arus global merupakan ....
A.memupuk kepribadian bangsa
B.meningkatkan kesanggupan berkompetisi dan menyayangi produk dalam negeri
C.mengunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar
D.mempertinggi pengetahuan budaya bangsa
E.memupuk semangat patriotisme
Jawaban: B

38.Lunturnya budaya setempat yang ada di indonesia yang diakibatkan lantaran adanya globalisasi sanggup diminimalkan dan dicegah dengan cara berikut ....
A.melakukan pergeseran pada budaya yang sudah ada
B.menolak mentah-mentah seluruh budaya gila yang masuk
C.mencintai budaya dari penduduk lain
D.melakukan revitalisasi budaya setempat mudah-mudahan disukai seluruh kalangan
E.melakukan akulturasi budaya luar dengan budaya setempat masyarakat
Jawaban: D

39.Perhatikan pernyataan berikut!
1.Mampu mengidentifikasi duduk permasalahan dan keperluan komunitas.
2.Mampu meraih peluang wacana sasaran yang akan diraih pada skala prioritas
3.Mampu menyetujui dan mendapatkan cara dan alat untk meraih sasaran yang sudah disepakati bersama.
4.Mampu menetralisir budaya penduduk yang sudah ada.
5.Mampu meninggalkan komunitasnya untuk mencari komunitas yang lebih baik demi tercapainya kesejahteraan
Pada pernyataan diatas mana yang merupakan tujuan dan sasaran pemberdayaan komunitas ....
A.1, 2, dan 3
B.1, 3, dan 5
C.2, 3, dan 4
D.2, 4, dan 5
E.3, 4, dan 5
Jawaban: A

40.Dewasa ini barang komoditas mancanegara sungguh gampang masuk ke dalam penduduk Indonesia sehingga sanggup mematikan potensi bikinan dalam negeri. Hal ini disebabkan lantaran imbas mutu barang yang berlainan dengan produk luar negri. Untuk menekan efek negatif imbas globalisasi jual beli merupakan ....
A.menerima kebiasaan penduduk lain
B.mengembangkan tradisi gres dari luar
C.meningkatkan daya saing produk barang dan melaksanakan inovasi
D.meningkatkan impor barang
E.mengikuti cara hidup yang paling simpel dan menyenangkan
Jawaban: C

Nomor 41-45 merupakan SOAL URAIAN:

41.Proses interaksi sosial yang terjadi dalam kehidupan penduduk ada yang bikin keserasian dan ada juga yang bikin perpecahan. Dua bentuk ini disebut juga interaksi sosial asosiatif dan disosiatif. Tuliskan bentuk-bentuk interaksi sosial asosiatif dan disosiatif!
Jawaban :
Proses interaksi sosial asosiatif :
1.Kerjasama
2.Akomodasi
3.Asimilasi
4.Akulturasi
Proses intreaksi sosial disosiatif
1.Kompetisi
2.Kontravensi
3.Pertikaian/konflik

42.Kita sering mendengar terjadinya pertentangan dalam masyarakat, mulai pertentangan antarindividu, pertentangan antar kelompok maupun perang antar negara. Tuliskan faktor-faktor penyebab konflik!
Jawaban:
Faktor-FaktorPenyebabKonflik
1. Perbedaan antar individu
2. Perbedaan latar belakang kebudayaan
3. Perbedaan kepentingan individu maupun kelompok
4. Perubahan sosial yang terlalu cepat

43.Sebagai suatu negara yang bentuk strukturnya beranekaragam, baik secara vertikal maupun horizontal sungguh beresiko sekali akan terjadinya perpecahan. Jelaskan upaya pemecahan duduk permasalahan dalam penduduk multikultural!
Jawaban:
Upaya pemecahan duduk permasalahan penduduk multikultural :
1.Mengitegrasikan unsur-unsur sosial ( Ras, suku,adat,agama)
2.Membangun lembaga komunikasi lintas ras, suku dan agama
3.Mengembangkan budaya nasional yang bersumber dari budaya daerah
4.Mengembangkan pengetahuan nusantara
5.Meletakan landasan Hak Asasi manusia
6.Mengembangkan sikap empati antar unsur sosial
7.Mengembangkan sikap toleransi
8. Membangun sikap kepedulian sosial

44.Tidak ada satupun penduduk yang tidak mengalami pergeseran sosial, lantaran kehidupan penduduk itu bersifat dinamis, tetapi yang membedakan antara satu penduduk dengan penduduk lain merupakan pertumbuhan peradabannya. Tuliskan faktor-faktor pengahambat pergeseran sosial dalam suatu masyarakat!
Jawaban:
1. Kurangnya relasi dengan penduduk lain
2.Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat
3.Sikap penduduk yang mengagungkan tradisi
4.Rasa takut terjadinya kegoyahan pada integrasi
5.Prasangka terhadap hal-hal yang baru
6.Hambatan bersifat idieologis
7.Adanya kepentingan yang tertanam kuat
8.Kebiasaan yang susah di ubah

45.Perhatikan Tabel dibawah ini
Angka Pengangguran terbuka menurut tingkat pendidikan dalam persentase
Jelaskan makna dari tabel di atas!
Jawaban:
1. Angka pengangguran paling rendah terdapat pada tamatan SMP
2.Angka pengangguran tertinggi terdapat pada tamatan SMA
3.Tamatan Sekolah Menengah kejuruan merupakan yang paling tinggi terserap lapangan kerja

Baca juga kumpulan soal sosiologi yang lain di umar-danny.blogspot.com:
- Soal UNBK Sosiologi dan kunci balasan Lengkap dengan pembahasannya
- Contoh Soal UAS/PAT Sosiologi Peminatan Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
- Contoh Soal UAS Sosiologi kelas 10 semester 2 beserta jawaban

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter